1. TIDAK MEMBENCI. 

Jangan sekali-kali membenci seseorang walaupun dia berbuat kesalahan padamu tetapi doakan dia untuk berubah dan menjadi baik serta mendapat hidayah. 

2. TIDAK MENGELUH. 

Tetap bersyukur maka Allah akan menambah nikmatmu, jangan berkeluh kesah karena apa yang kita alami sebuah proses untuk kita menjadi lebih dewasa, dalam banyak hal, perbanyaklah berdoa kepada Allah subhanallahu wa ta'ala. 

3. HIDUP SEDERHANA. 

Hidup sederhana walaupun punya kedudukan tinggi dan harta melimpah karena apa yang kita terima semuanya titipan dan semua ada hisabnya. 

4. BERPRASANGKA BAIK. 

Senantiasa berfikir positif meskipun jika ditimpa musibah, Allah tidak pernah memberi cobaan melebihi kemampuan kita, dan Allah menguji karena mencintai hambanya. 

5. SELALU TERSENYUM. 

Tersenyumlah karena itu termasuk sedekah, senyum disaat sakit hati, dihina, difitnah
Juga membawa energi Yang positif dalam hati kita dan satu hal yang perlu diingat saat di hina, difitnah pahalanya akan di transfer ke kita terus apa yang kau risaukan?

6. RAJIN BERSEDEKAH. 

Gemar memberi dan berbagi meski dalam keadaan sempit, karena hakekatnya harta kita ada hak orang lain yang Allah titipkan melalui kita. 

7. BERDOA TANPA SEPENGETAHUAN MEREKA. 

Selalu mendoakan sahabat-sahabat kita untuk kebaikan mereka tanpa sepengetahuanya. 

8. TIDAK DENGKI & IRI HATI. 

Jangan iri dan dengki karena cantik, kaya, punya jabatan, hanyalah titipan, setiap hamba sudah diatur Rizkinya sesuai Takaranya. Dan yakinlah itu yang terbaik untukmu, miskin bukan berarti hina, padahal hikmah didalamnya adalah Allah akan memudahkan hisab. 

9. MUDAH MEMAAFKAN. 

Memaafkan kesalahan orang lain setelah menyakiti hati kita, sangatlah berat tapi sangat dicintai Allah dan akan merasakan ketenangan dalam hati kita. 

10. HINDARI PERMUSUHAN. 

Hidup didunia hanya sebentar jangan sampai kita punya musuh, kalau kita sudah berbuat baik tapi masih saja dibenci katakan cukuplah Allah sebagai Saksiku. 

11. BANYAK MEMBACA AL-QUR'AN. 

Sebaik baik bacaan adalah Al- Qur'an. Beribu-ribu keutamaan dalam membaca Al-Qur'an. Setiap satu huruf ada 10 pahala dan disaksikan oleh malaikat. 
Rumah yang dibacakan Al-Qur'an akan terhindar dari syetan. 

12. BANYAK MEMBACA SHOLAWAT.

Barang siapa yang membaca sholawat 1 kali maka Allah akan menghapuskan dosa 10 kali. (HR. Ahmad)

Kredit : telegram hijrahpendosa